Pikiran Manusia Bagai Botol Kosong

Botol kosong di dalam got tak punya nilai sama sekali. Namun bila botol kosong tersebut dibersihkan, dia bisa bernilai ratusan rupiah. Bila diisi air mineral, bisa bernilai ribuan rupiah. Bila diisi minyak goreng, bisa bernilai puluhan ribu rupiah. Bila diisi minyak wangi, bisa bernilai ratusan ribu rupiah. Bila diisi wine, bisa bernilai jutaan rupiah.
Pikiran manusia tidak jauh berbeda dengan botol tersebut.
Jika pikiran kita dibiarkan kosong tidak diisi dengan hal-hal yang baik dan bermanfaat, maka kita hanyalah menjadi beban hidup bagi orang lain, bagi orang tua dan saudara-saudara kita. Bahasa ekstrimnya, menjadi sampah masyarakat.
Namun bila pikiran kita diisi dengan hal-hal baik dan bermanfaat, kita bisa menjadi orang-orang yang sangat berguna bagi kehidupan. Kita bisa menjadi penolong bagi banyak orang, bisa menjadi motivator bagi orang lain, bisa menjadi pemimpin bagi masyarakat, bahkan bisa menjadi pahlawan bagi dunia ini.
Yang menentukan pikiran kita berisi atau kosong bukan orang lain, tapi kita sendiri, orang lain hanya motivator dari luar sehebat apa pun mereka memotivasi kita. Motivator terbaik diri kita sendiri.
Kita bisa menjadi apa saja yang kita impikan jika kita mau berjuang dengan tekun, gigih dan ulet. Alam akan menyediakan segala sesuatu yang kita butuhkan bagi keberhasilan kita dalam mencapai impian-impian itu. Gunakan seluruh waktu kita untuk belajar dan berlatih. Manfaatkan semua alat bantu di sekitar kita untuk mencapai impian. Jadikan semua orang dan pengalaman mereka menjadi guru dan teladan.
Jika ingin menjadi seniman handal, berjuanglah sebagaimana seniman handal berjuang. Jika ingin menjadi pengusaha sukses, bekerjalah lebih keras dari orang-orang biasa. Jika ingin menjadi pemimpin sukses, berlatihlah sebagaimana pemimpin lainnya berlatih. Jika ingin menjadi karyawan teladan, bekerjalah lebih baik dari pekerja-pekerja kebanyakan. Jika ingin menjadi profesor tersohor, berpikirlah lebih keras dari orang-orang biasa.
Percayalah, kerja keras tidak pernah berbohong. Tentukan impian Anda setinggi langit, dan kalaupun Anda jatuh, Anda akan jatuh diantara bintang-bintang di angkasa.

Comments

Popular posts from this blog

Berhentilah Membenci Pemarah

Sepuluh Tips Agar Tahan Lama Di Atas Ranjang

Mengakui Yesus Kristus