Tiga Jenis Orang Baik

Bila kamu berbuat baik dengan berharap agar mendapatkan respon positif, kamu akan kecewa ketika tidak mendapatkan respon positif dari orang yang menerima kebaikanmu.
Bila kamu berbuat baik dengan tidak berharap respon positif seperti pujian dan ucapan terima kasih, yang penting jangan sampai dicela; kamu tetap kelak akan kecewa dengan harapan itu, karena bisa saja saat kamu berbuat baik kamu tetap dicela oleh orang yang menerima kebaikanmu atau oleh orang lain di sekitarmu.
Bila kamu berbuat baik dengan kesadaran akan mendapat respon positif juga negatif, karena positif maupun negatif merupakan konsekuensi semua tindakan; dari sadar akan konsekuensi segala tindakan tersebut kamu tidak akan kecewa dengan perbuatan baikmu apa pun respon dari orang yang menerima kebaikan.
Ketika kamu berbuat baik dengan disertai harapan, kamu akan kecewa. Namun ketika kamu berbuat baik tanpa disertai oleh berbagai harapan, melainkan hanya berdasarkan kesadaran untuk berbuat kebaikan; sehingga kebaikan bisa dilakukan dengan ketulusan atau keikhlasan, kamu tidak akan kecewa oleh oleh apa pun yang terjadi kemudian hari.

Comments

Popular posts from this blog

Berhentilah Membenci Pemarah

Sepuluh Tips Agar Tahan Lama Di Atas Ranjang

Mengakui Yesus Kristus