Manfaat Daun Binahong


Beberapa waktu lalu saya cabut dua gigi geraham sekaligus, di posisi bersebelahan. Sekitar satu jam kemudian terasa sakit setelah pengaruh obat bius hilang. Sampai di rumah, saya menghaluskan satu lembar daun binahong, lalu saya taruh di gusi yang luka. Langsung terasa sejuk. Nyeri atau sakit jauh berkurang, hampir-hampir tak ada lagi.
Binahong adalah tanaman obat yang berasal dari daratan Tiongkok yang dikenal dengan nama asli Dheng San Chi. Tumbuhan ini telah dikenal memiliki kasiat penyembuhan yang luar biasa dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan dan lain-lain. Di kawasan Asia Tenggara, tumbuhan ini merupakan konsumsi wajib penduduk Vietnam ketika melawan invansi Amerika.
Tumbuhan merambat ini sangat mudah ditanam. Bahkan binahong dapat tumbuh di dalam pot dan menjalar ke sekeliling media tempat dia bertumbuh.
Dikisahkan, dalam perang Vietnam dulu, tentara Amerika terheran-heran, bagaimana bisa tentara Vietkong terlihat segar bugar meski sebelumnya terluka parah. Setelah ditelusuri, obat mujarab untuk menyembuhkan luka luar maupun dalam akibat tembakan maupun goresan senjata tajam adalah binahong.
Seluruh bagian tanaman menjalar ini berkasiat, mulai dari akar, batang dan daunnya. Pemanfaatanya bisa direbus atau dimakan sebagai lalapan untuk daunnya. Tanaman ini tumbuh merambat. Sering digunakan sebagai gendola atau gapura yang melingkar di atas jalan taman. Bibitnya mudah didapatkan. Hampir semua bagian tanaman binahong dapat dimanfaatkan. Umbi, batang dan daun binahong dapat digunakan dalam terapi herbal. Tanaman ini memang tumbuh baik dalam lingkungan yang dingin dan lembab.

Comments

Popular posts from this blog

Berhentilah Membenci Pemarah

Sepuluh Tips Agar Tahan Lama Di Atas Ranjang

Mengakui Yesus Kristus