Integritas Adalah Kunci Sukses Anda

Bila Anda seorang pimpinan, bukan berarti bawahan Anda adalah orang-orang rendahan yang pantas direndahkan. Mereka adalah orang mulia yang hanya pantas untuk dimuliakan. Mereka adalah pendukung Anda, tanpa mereka Anda bukan siapa-siapa, dan oleh karena keberadaan merekalah yang menjadikan Anda sebagai seorang pimpinan. Tanpa mereka Anda tak bisa melakukan apa-apa. 

Bila suatu saat ada bawahan Anda yang salah dalam berkata-kata dan bertindak, yang dia butuhkan bukan amarah Anda yang meluap-luap, bukan caci-maki dan bukan sikap menghakimi. Yang dia butuhkan adalah petunjuk bagaimana agar berkata-kata dengan baik dan benar, santun dan sopan. Yang dia butuhkan adalah petunjuk dan arahan bagaimana agar bertindak serta bekerja dengan baik dan benar. Yang dia butuhkan adalah motivasi terbaik dari Anda.

Marah pada bawahan yang melakukan kesalahan bukanlah solusi terbaik atas masalah yang ada. Marah seringkali mendatang masalah baru, bahkan bisa saja amarah Anda menjadi penyebab munculnya masalah baru yang lebih besar dari masalah yang menjadi penyebab Anda marah. Dibutuhkan kesabaran dan kebijaksanaan dalam memimpin orang lain. Ucapan yang ramah dan lemah lembut dapat menyelesaikan berbagai masalah tanpa menimbulkan masalah baru.

Pemimpin yang berhasil adalah pemimpin yang mampu memahami, memaklumi, mengayomi dan menghargai orang-orang yang dipimpinnya. Anda dapat memaksimalkan kinerja bawahan Anda dengan sentuhan yang lemah lembut dan bijaksana, dengan ucapan dan sikap yang positif, dengan motivasi dan sikap yang selalu membangun semangat.

Comments

Popular posts from this blog

Berhentilah Membenci Pemarah

Sepuluh Tips Agar Tahan Lama Di Atas Ranjang

Mengakui Yesus Kristus